“OUTING CLASS” STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN FOKUS DAN ANTUSIAS BELAJAR DALAM WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR

Merdeka belajar sejatinya adalah bagian dari proses dalam mewujudkan tujuan pendidikan sesuai dengan filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara, yang mana proses pembelajaran yang dipusatkan kepada murid, sesuai dengan potensi dan karakter murid, menuntun murid berkembang sesuai dengan kodratnya untuk mencapai kebahagiaan baik sebagai manusia individu maupun anggota masyarakat. Konsep merdeka mengajar kini menjadi keharusan bagi setiap guru untuk diterapkan di setiap proses pembelajaran di kelas. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru dalam mewujudkan merdeka mengajar.

Fokus dan antusias merupakan hal penting yang harus dibangun dalam proses pembelajaran. untuk membangun fokus pada murid tentunya harus didukung oleh beberapa faktor salah satunya adalah lingkungan belajar yang menyenangkan. Lingkungan belajar yang menyenangkan adalah lingkungan belajar yang mampu memberikan rasa aman, nyaman dan memberikan ruang bebas berekspresi kepada murid. Lingkungan belajar pada dasarnya tidak selalu berada di dalam kelas, namun dimana saja bisa menjadi ruang untuk belajar.

Untuk membangun fokus dan antusias murid dalam mengikuti proses pembelajaran Seni Budaya di SMPN 9 Kota Bima salah satu strategi yang saya lakukan adalah membangun lingkungan belajar yang menyenangkan yaitu dengan cara outing class. Outing class  dipilih karena saya merasa ketika pembelajaran selalu dilaksanakan di dalam ruang kelas ada kecenderungan murid merasa bosan sehingga mengakibatkan menurunnya focus dan antusias dalam belajar. Penerapan outing class menurut saya sangat cocok dengan kondisi lingkungan SMPN 9 Kota Bima yang asri, sejuk dan rindang sehingga dengan kondisi yang demikian akan sangat membantu murid merasa berada pada suasana yang baru sehingga dapat meningkatkan fokus dan antusias murid dalam belajar.

Outing class sering saya terapkan di mata pelajaran seni budaya baik pada saat pembelajaran teori maupun praktik berkarya seni. Pada saat berada di luar ruangan itulah murid-murid mendapat banyak inspirasi yang membantu mereka memunculkan imajinasi sehingga murid dapat dengan mudah menuangkannya kedalam bentuk karya seni. Focus dan konsentrasi murid juga menjadi semakin baik karena mereka merasa lebih nyaman dan menyenangkan ketika belajar di luar kelas. Sangat Nampak sekali wajah-wajah ceria dari murid-murid ketika mereka belajar di luar kelas, antusias murid untuk terlibat dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan. Interaksi antara murid dengan guru dan murid dengan murid juga terbangun dengan baik dan kondusif. Murid merasa diberikan ruang bebas untuk berekspresi tanpa ada batasan gerak seperti yang terjadi ketika kita belajar di dalam kelas.

Tujuan dari pembelajaran outing class ini pada dasarnya adalah untuk mendekatkan murid dengan alam, dengan outing class diharapkan murid memiliki kepekaan terhadap alam/ lingkungan disekitarnya. Outing class juga dapat meningkatkan kemampuan murid dalam menyerap materi yang diberikan, meningkatkan focus dan antusias murid dalam belajar, serta dapat membangun suasana belajar yang aktif, interaktif dan menyenangkan. (Rny)

Penulis adalah Guru Penggerak Kota Bima, Guru SMP Negeri 9 Kota Bima