SEKDIS DIKBUD KOTA BIMA BUKA KEGIATAN LOKAKARYA PSP JENJANG PAUD

Sekretaris Dinas Dikbud Kota Bima bapak Taufikrahman, S.Pd., M.A.P membuka kegiatan Lokakarya Program Sekolah Penggerak Jenjang PAUD dengan Tema : Perencanaan Berbasis Data. Kamis (24/11) di Aula TK Negeri Pembina 01 Raba.

Ada empat point yang disampaikan oleh bapak sekdis yakni (1) Lakukan Perencanaan yang berbasis data; (2) Laksanakan kegiatan berdasarkan perencanaan; (3) Laporkan kegiatan sesuai dengan perencanaan; dan (4) Lakukan Monitoring dan Evaluasi dari perencanaan tersebut.

Perencanaan berbasis data adalah sebuah perubahan kebiasaan untuk mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan menyusun kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasarkan fakta. Perencanaan berbasis data membantu satuan pendidikan dan daerah untuk melakukan perubahan bermakna dalam perumusan kegiatan dan anggaran bagi peningkatan mutu pendidikan. Tahapan yang ditempuh dalam melakukan PBD adalah Identifikasi, Refleksi dan Benahi. Tahapan pelaksanaan Perencanaan Berbasis Data tersebut disusun agar satuan pendidikan dapat mengidentifikasi, merefleksikan, dan membenahi kondisi satuan pendidikan menggunakan data yang tersedia di Rapor Pendidikan.

Identifikasi : Mengidentifikasi masalah berdasarkan indikator yang ditampilkan di dalam Rapor Pendidikan;

Refleksi : Melakukan refleksi capaian, pemerataan, dan proses pembelajaran di satuan pendidikan dan daerah masing-masing;

Benahi : Melakukan pembenahan melalui perumusan kegiatan dalam bentuk rencana kegiatan dan anggaran satuan pendidikan (BOP) dan daerah (APBD);

Untuk satuan PAUD, proses identifikasi menggunakan indikator layanan yang merupakan kerangka evaluasi di dalam Rapor Pendidikan.

Perencanaan berbasis data memiliki beberapa tujuan khusus yang sifatnya tidak hanya personal tetapi menguatkan ekosistem, yaitu :

  1. agar satuan PAUD menguatkan kualitas layanannya secara berkesinambungan;
  2. satuan PAUD dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya;
  3. satuan PAUD menggunakan anggaran efektif dan akuntabel;
  4. satuan PAUD dapat melakukan identifikasi, refleksi diri dan melakukan perencanaan untuk mengembangkan visi yang disepakati kembali untuk dicapai. (y)