DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN LOKAKARYA PENGIMBASAN SEKOLAH PENGGERAK TAHUN 2022
Kota Bima - Kamis 22/09/2022 Dinas pendidikan dan kebudayaan, Bidang Dikdas Bagian Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) melaksanakan kegiatan lokakarya pengimbasan Sekolah Penggerak tahun 2022 di SMPN 6 Kota Bima dengan menyusun tema "Model Kompetensi kepemimpinan Sekolah" Mewakili Walikota Bapak Asisten 1 Kota Bima Drs. H. Abdul Gawis membuka langsung kegiatan ini,dalam kegiatan ini juga turut hadir Sekertaris Taufikrahman, S. Pd M.AP ,Kabid Dikdas Muhammd Humaidin, M. Pd,Kasi PTK Ika Rosmiyati Hayatunnis, S. Kom, Koordninator Pegawas Abd Salam, S.Pd, Musyawarah Kerja Pengawas SMP Ruslan, S.Pd. dan Staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima. yang Menjadi peserta kegiatan ini adalah Seluruh Kepala sekolah SD dan SMP Negeri dan Swasta se Kota Bima. Yang menjadi Narasumber dalam kegiatan ini adalah kepala sekolah pada sekolah penggerak di Kota Bima yaitu
1. M. Natsir, S. Pd, ( Kepala SMPN 9 Kota Bima)
2. Suhardin, S. Pd, M.Si ( Kepala SDN 05 Rabangodu Utara kota Bima)
3. Nurfatun, S. Pd. SD ( Kepala Sdn 28 Melayu kota Bima)
4. Erni Julhaenah, SP ( kepala Sd IT Insan kamil Kota Bima)
5. Muhammad Humaidin, M.Pd ( Kabid dikdas Dikbud Kota Bima)
di dampingi Oleh moderator hebat Nurhasanah, S.Pd ( Guru SD IT Insan Kamil Kota Bima)
Dalam kegiatan ini bisa didapatkan, beberapa item terkait Sekolah Penggerak.
Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).
Tujuan sekolah penggerak sebenarnya sudah disebutkan di awal tadi. Tujuan sekolah penggerak ini adalah untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.
Untuk mencapai tujuan sekolah penggerak, terdapat lima intervensi yang saling berkaitan. Lima intervensi tersebut adalah:
- Pendampingan konsultatif dan asimetris. Program kemitraan antara Kemendikbud dan pemerintah di mana Kemendikbud memberikan pendampingan implementasi Sekolah Penggerak.
- Penguatan sumber daya manusia di sekolah. Penguatan Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Penilik, dan Guru melalui program pelatihan dan pendampingan intensif (coaching) one to one dengan pelatih ahli yang disediakan oleh Kemdikbud.
- Pembelajaran dengan paradigma baru. Pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter yang sesuai nilai-nilai Pancasila, melalui kegiatan pembelajaran di dalam dan luar kelas.
- Perencanaan berbasis data. Manajemen berbasis sekolah: perencanaan berdasarkan refleksi diri satuan pendidikan.
- Digitalisasi Sekolah. Penggunaan berbagai platform digital bertujuan mengurangi kompleksitas, meningkatkan efisiensi, menambah inspirasi, dan pendekatan yang disesuaikan.
Terkait Tema "Model Kompetensi kepemimpinan Sekolah” Ber fokus ada Proses Mengorganisasi proses pengembangan sekolah untuk memastikan peningkatan kualitas proses belajar yang berdampak pada murid. yang bekaitan langsung dengan IKM
- Melakukan evaluasi diri sekolah yang melibatkan warga sekolah dengan berbasis datadan bukti.
- Menentukan prioritas, merancang, dan melaksanakan program pengembangan sekolah dengan mengacu pada kebutuhan murid, ketersediaan sumber daya, serta visi dan misi sekolah
- Menginisiasi program pengembangan sekolah dalam lingkup terbatas untuk mendapatkan bukti keberhasilan sebelum diterapkan pada lingkup yang lebih luas.
- Mengimplementasikan pendekatan inovatif untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi program pengembangan sekolah.
- Mengorganisasi proses pengembangan sekolah untuk memastikan peningkatan kualitas proses belajar yang berdampak pada murid.
- Mewujudkan peran sekolah untuk mendukung kebutun masyarakat sekitar sekolah yang relevan.
Kegiatan Pengimbasan ini merupakan Dukungan pemerintah Daerah Kota Bima untuk Program sekolah Penggerak, yang langsung di sampaikan Bapak walikota Bima. (MH)