DINAS DIKPORA KOTA BIMA MENDAPAT KATEGORI "BAIK" DALAM SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

DINAS DIKPORA KOTA BIMA. RABU, 5 MARET 2025
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Bima Bapak Drs. H. Supratman, M.AP., didampingi Sekretaris Dinas Dikpora Kota Bima Bapak Muhammad Humaidin, M.Pd., memberikan Laporan Hasil Reviu Dokumen Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Bima. dimana kita tahu bersama Dinas Dikpora adalah Dinas yang menaungi satuan pendidikan negeri/swasta baik formal dan Non Formal lingkup Kota Bima serta melayani masyarakat umum.
Pak Kadis menyampaikan penataan dan pengelolaan Data administrasi di Dinas Kantor Dikpora Kota Bima sudah sangat baik di tata dengan rapi semua standar operasional pelayanan Yang di gunakan oleh Dinas Dikpora terpampang tiap tiap bidang dan ruang sekretariat dan di depan kantor guna mempermudah setiap pengunjung dalam melalukan transaksi pelayanan di Dinas Dikpora Kota Bima.
Pak Sekdis sekaligus Koordinator Website Dinas Dikpora Kota Bima menjelaskan bahwa semua Standar Operasional Pelayanan Yang di miliki dan di gunakan oleh Dinas Dikpora Kota Bima, Semua SOP itu sudah di input ke dalam Website Resmi Milik Dinas Dikpora Kota Bima. Pak Humaidin menambahkan bahwa Kegiatan Ketertiban semua SOP dan jenis pelayanan di masukan dalam Website arahan itu di kerjakan oleh Team Website agar setiap informasi dan jenis kegiatan Dikpora serta suguhan informasi yang melibatkan ASN di Dinas Dikpora Kota Bima tertuang dalam Berita hangat di Website Resmi Dinas Dikpora Kota Bima. Alur Kegiatan seperti ini akan mempermudah Ombudsman atau pengunjung Website serta masyarakat yang akan melakukan interaksi pelayanan di Dikpora Kota Bima, bagaimana keadaan dan prestasi yang di miliki oleh Dinas Dikpora Kota Bima semua tertuang dalam website. Lewat Survei Pelayanan Publik masyarakat di suguhkan berbagai SOP dan kepuasan masyarakat, beliau menambahkan team pemeiksa serta pengunjung Website mengetahui alur pelayanan Yang Ada di Dinas Dikpora Kota Bima dengan mudah, transparansi dan akuntabilitas. (Rabu, 5/3/2025)
Berdasarkan hasil reviu dokumen Laporan ditemukan kondisi sebagai berikut:
a. Terdapat dokumen Laporan Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2024, rincian sebagai berikut:
Semester I Tahun 2024
Laporan SKM semester tertanggal 17 September 2024. Menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner kepada masyarakat pengguna layanan dengan jumlah 706 responden. Kuesioner berupa pertanyaan yang meliputi 9 (sembilan) unsur yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat.
Kesimpulan nilai IKM semester 1 Tahun 2024 sebesar 88.18 artinya mutu pelayanan dan kinerja pelayanan di kategorikan Baik.
Semester II Tahun 2024
Laporan SKM semester II tertanggal 17 Januari 2025. Menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner kepada masyarakat pengguna metode kuantitatif dengan kuesioner kepada masyarakat pengguna layanan dengan jumlah 840 responden. Kuesioner berupa pertanyaan yang meliputi 9 (sembilan) unsur yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat.
Kesimpulan nilai IKM semester 2 tahun 2024 sebesar 88,18 artinya mutu pelayanan dan kinerja pelayanan dikategorikan Baik
Kategori Baik ini merupakan Prestasi yang dimiliki oleh Dinas Dikpora Kota Bima dalam rangka Survey Kepuasan Masyarakat yang harus di tingkakan lagi. Melayani dan Di layani sesuai dengan Motto Dinas Dikpora Kota Bima, "Kami Ada Untuk Melayani".
(TEAM WEB)