RAKOR INDEKS KUALITAS DAPODIK

Dikpora Kota Bima - Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sistem pendataan nasional yang digunakan untuk memantau dan mengevaluasi perkembangan pendidikan di Indonesia. Data ini menjadi dasar bagi pemerintah dalam menyusun kebijakan, alokasi anggaran, dan berbagai program pendidikan lainnya. Namun, untuk mencapai kualitas data yang optimal, diperlukan kolaborasi dan koordinasi yang baik antara Dinas Pendidikan dan operator sekolah. Kondisi saat ini, masih banyak isu kualitas data dapodik, salah satunya ditemukan data anomali pada data satuan pendidikan. Selain itu, beberapa masalah ditemukan dalam hal penginputan yang tidak sesuai kondisi lapangan. 

Balai Besar/Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BB/BPMP) memegang peran penting dalam memfasilitasi peningkatan kualitas data pendidikan di wilayah kerjanya. Oleh karena itu, Rapat Koordinasi Indeks Kualitas Dapodik dengan Disdik Tahun 2024 ini diadakan untuk menguatkan sinergi antar pemangku kepentingan dalam peningkatan indeks kualitas data Dapodik. Dengan tujuan/hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan rapat koordinasi ini adalah : (1) Mengkoordinasikan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kualitas data Dapodik di masing-masing wilayah; (2) Memperkuat komunikasi antara Dinas Pendidikan dan operator sekolah terkait tantangan dan solusi dalam pengelolaan data Dapodik; (3) Menyusun rekomendasi dan rencana tindak lanjut bersama dalam rangka meningkatkan indeks kualitas Dapodik.

Itu beberapa point penting yang disampaikan oleh Kasubag Umum BPMP Prov. NTB, Ibu Hj. Lielies Miningrum, SE dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Rapat Koordinasi Indeks Kualitas Dapodik dengan Dinas Pendidikan se Provinsi NTB Tahun 2024.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai dari Rabu, 23 Oktober 2024 hingga Jum'at, 25 Oktober 2024 di Lombok Astoria Hotel, dengan peserta twrsiri dari unsur Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Provinsi, bunsur Operator Dinas baik PAUD dan Dikdas, dan terdapat unsur Satuan Pendidikan yang akan berbagi praktik baik nantinya. (yoel)