LOKA KARYA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK YANG KE TIGA DI SELENGGARAKAN DI SMPN 7 KOTA BIMA

KOTA BIMA. KAMIS, 26 SEPTEMBER 2024

Kegiatan Lokakarya Program Pendidikan Sekolah Penggerak Yang ke 3 bagi sekolah non penggerak yang dilaksanakan di SMPN 7 Kota Bima di buka secara resmi oleh Plh. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Bima Bapak Drs. M. Saleh. Kegiatan dilaksanakan pada hari ini Kamis, 26 September 2024.

Dalam sambutannya Pak Kadis memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Lokakarya Program Pendidikan Sekolah Penggerak bagi sekolah non penggerak. beliau menambahkan kegiatan ini sangat mendukung kinerja guru dan siswa yang ada di sekolah. dalam merumuskan suatu kegiatan harus ada dukungan dari seluruh anggoata agar bisa mencapai hasil yang maksimal. kadis menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program nasional terus dilakukan lagi oleh Daerah dengan dukungan Dana oleh daerah tujuan nya agar sekolah Non Penggerak juga berproses hingga setara dengan Sekolah Penggerak yang sudah di program oleh Pusat program sekolah penggerak kepada sekolah PSP. Harapan Kadis Peserta dapat di ikuti dgn baik dan serius karena narasumber sudah di siapkan oleh pusat dengan kemapuan untuk di imbaskan dan di turunkan ke sekolah Non penggerak dan jangan bosan karna ini merupakan salah satu peningkatan kompetensi kepala sekolah dan Guru yg sudah menjadi sasaran Pengimbasan. harapan pak kadis agar lebih banyak lagi sekolah yang bisa memberikan inovasi dan pengabdian terbaik kepada Dunia Pendidikan di Kota Bima. (Kamis, 26/09/2024)

Dalam kegiatan ini hadir sebagai narasumber kegiatan Pak Sekretaris Dikpora Kota Bima Bapak Muhammad Humaidin, M.Pd., serta hadir pula Kepala-kepala Sekolah hebat dari sekolah penggerak angkatan 1 yang di latih oleh Balai guru Penggerak BGP NTB. mereka memberikan Pengimbasan Praktik terbaik kepada peserta diantaranya Ketua PGRI Kota Bima sekaligus Kepala SDN 05 Kota Bima, Kepala SDN 28 Kota Bima dan Kepala SDIT Insan Kamil Kota Bima.

Dalam pemaparan materinya para narasumber menyampaikan Pentingnya Visi dan Misi yang terukur. untuk menjadi sekolah penggerak harus bisa merencakan visi dan misi yang bisa menguatkan pemahaman mengenai pelaksanaan visi dan misi berdampak pada peningkatan program dan mutu pembelajaran di sekolah.

Beberapa contoh kegiatan untuk menjadi sekolah penggerak. untuk menjadi sekolah penggerak harus bisa di mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. sekolah perlu mengetahui kondisi sekolah yang menggambarkan keunikan dalam hal murid, sosial budaya dan PTK yang ada di sekolah tersebut. tuturnya. Sekolah harus bisa menambah kegiatan Ekstrakurikulernya baik dalam keagamaan maupun dalan budaya dan olahraga, inovasi dan koloborasi penting untuk mendukung kemajuan sekolah penggerak yang diinginkan dan saling kerjasama untuk memecahkan sebuah masalah yang ada di sekolah, tuturnya. (Kamis, 26/09/2024)

Kabid Dikdas Bapak Slamet Riadi, ST.MT., dalam laporannya kegiatan. Lokakarya Program Sekolah Penggerak yg Ke 3 di selenggarakan di SMPN 7 Kota Bima, yang dihadiri oleh 15 Sekolah Dasar dan 17 Sekolah Menengah Pertama. dan kegiatan sudah berjalan 3 kali Loka karya yg dimana di rencanakan 9 kali Loka karya yang di hadiri oleh kepala sekolah dan guru-guru yang sebagai sasaran Pengimbasan mandiri juga memberika penguatan tetap semangat untuk belajar dan berkolaborasi.

(TEAM WEB)