PENGUATAN DAN PENDAMPINGAN PENANGANAN STUNTING BAGI PELATIH STUNTING KELURAHAN TINGKAT KOTA BIMA TAHUN 2024

Dikpora Kota Bima - Stunting di Kota Bima berdasarkan rilis data Tim Pencegahan Penanganan Stunting Kota Bima berada di angka 10.46? untuk tahun 2024 turun 1% dari tahun 2023 dengan wilayah lokus stunting 18 Kelurahan. 

Dinas Dikpora Kota Bima melalui Bidang Pembinaan PAUD dan PNF mempunyai peran signifikan pada percepatan penurunan stunting di Kota Bima. Salah satu aksi preventif yang dilakukan adalah melalui Program Percepatan Penurunan Stunting yakni kegiatan Penguatan dan Pendampingan Penanganan Stunting bagi Pelatih Stunting Kelurahan Tingkat Kota Bima Tahun 2024. 

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Dikpora Kota Bima, Zainuddin, S.Pd melaporkan Kegiatan ini telah berjalan selama 3 tahun melalui kegiatan Sosialisasi, Bimbingan teknis, pelatihan dan pembinaan. Kegiatan penguatan dan pendampingan Pelatih Stunting ini dihadiri oleh 82 peserta dari Guru PAUD Kota Bima. Kedepannya diharapkan para pelatih stunting bisa mengimbaskan ke sekolah dan masyarakat dalam wilayah sekolah masing-masing. Tujuan dilaksanakan kegiatan adalah dalam rangka penguatan para pelatih stunting kelurahan yang terdiri dari para guru PAUD di Kota Bima dan kegiatan ini adalah tindaklanjut dari program Kemendikbudristek pada 2020 lalu yang berkelanjutan. 

Sedangkan Kadis Dikpora Kota Bima pada kesempatan membuka kegiatan menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginyanya kepada bidang PAUD dan PNF yang telah menginisiasi program percepatan penurunan stunting di Kota Bima, penurunan stunting tidak bisa dilakukan oleh satu unsur saja tapi banyak unsur yang harus dilibatkan diantaranya para pelatih stunting. Pelatih Stunting akan menjadi penyebar informasi di wilayah tugas masing-masing yakni kepada pemangku kepentingan, kepada masyarakat, kepada lingkungan keluarga. Peran para pelatih stunting ini sangat menentukan prevelensi stunting kedepannya. 

"Stunting selain disebabkan oleh adanya gangguan pertumbuhan juga dipengaruhi oleh asupan gizi ibu hamil, aksi pencegahan stunring ini dilakukan sejak anak dalam kandungan hingga kurang 2 tahun atau 1000 hari pertama kehidupan, sedangkan di tingkat mitigatif atau penanganan dapat dilakukan pada anak mulai usia 2-6 tahun. PAUD berkualitas dapat turut membantu dia upaya tersebut melalui beberapa hal, seperti kegiatan bermain belajar yang memberikan stimulasi psikososial dan perkembangan sesuai usia, pemberian makanan tambahan yang sering dilakukan di satuan PAUD, koordinasi dengan unit Layanan kesehatan seperti Posyandu, BKB atau Puskesmas juga kelas-kelas parenting di sekolah masing-masing" lanjut kadis Dikpora. 

Narasumber kegiatan adalah dari Tim Pencegahan Penanganan Stunting Kota Bima ibu Hj. Sri Rahayu Ningsih, ST, MT dan Fasilitator Stunting Kota Bima. (yoel)