LOMBA PENTAS DRAMA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA JENJANG PAUD DIGELAR

Dikpora Kota Bima – Hari ini Selasa, 23 Juli 2024,  kembali Dinas Dikpora Kota Bima melalui Bidang Pembinaan PAUD dan PNF menggelar kegiatan Lomba Pentas Drama Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Jenjang PAUD Tingkat Kota Bima Tahun 2024. Kegiatan lomba dalam rangka Hari Anak Nasional ini dilaksanakan di Gedung Seni Budaya Kota Bima.

Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs. Supratman, M.Ap dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Bidang Pembinaan PAUD dan PNF setiap tahunnya. Sesuai dengan tema kegiatan “Penguatan Profil Pelajar Pancasila”  lebih menonjolkan pada pembentukan karakter  anak, dimana anak pada usia PAUD adalah masa-masa usia emas dimana karakter anak mulai dibentuk dengan harapan bahwa  kedepannya  anak-anak Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

“Profil pelajar Pancasila memiliki beragam kompetensi yang dirumuskan menjadi enam dimensi kunci. Keenamnya saling berkaitan dan menguaTK an sehingga upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya seluruh dimensi tersebut secara bersamaan. Keenam dimensi tersebut adalah: (1)  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;  (2) Berkebhinekaan global;  (3) Bergotong-royong;  (4)  Mandiri;  (5) Bernalar kritis; dan (6) Kreatif. Dimensi-dimensi tersebut menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.” paparnya.

“Kegiatan pentas seni merupakan wujud komitmen dan kepedulian kita sebagai orang tua yang peduli terhadap perkembangan anak-anak sebagai generasi mendatang. Menggali potensi, minat, bakat anak-anak kita dan selalu memotivasi agar hak-hak yang menjadi komitmen dasar anak-anak bisa dikembangkan, anak-anak menjadi anak yyang kreatif dan mandiri, oleh karennya Dinas Dikpora Kota Bima menjadikan kegiatan semacam ini adalah kegiatan yang terus dilaksanakan agar anak-anak bisa memiliki karakter sesuai profil pelajar pancasila.” lanjut beliau.

Sedangkan Bunda PAUD Kota Bima yang berkesempatan hadir untuk membuka kegiatan dalam sambutannya menekankan bahwa anak adalah anugerah allah swt, tempat kita meneruskan cita-cita dan garis keturunan. anak juga merupakan amanah, titipan harta yang paling berharga yang harus dijaga, dirawat dan dididik agar menjadi penyejuk hati. kita ingin anak-anak tumbuh menjadi anak yang takwa, cerdas dan terampil.

keberhasilan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya. usia dini merupakan “usia emas” bagi seseorang, artinya bila seseorang pada masa itu mendapaTK an pendidikan yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohaninya, maka ia akan memperoleh kesiapan belajar yang baik yang merupakan salah satu kunci utama bagi keberhasilan belajar pada jenjang berikutnya.

bagi saya pribadi, pendidikan anak usia dini atau lebih di kenal dengan paud mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak. PAUD adalah wadah anak-anak mengembangkan kreatifitasnya sejak dini. Keberadaan PAUD sangatlah penting untuk memastikan agar anak-anak di Kota Bima mendapat layanan pendidikan yang layak pada saat usia emas mereka. Saya sangat bangga, apalagi ketika saya mendengar bahwa di dalam projek penguatan profil pelajar pancasila ini ada beberapa lomba yang akan dipentaskan, diantaranya lomba pentas drama anak dengan beragam tema diantaranya stop bullying. Saya sangat berharap melalui proyek yang dipentaskan oleh anak-anak kita nantinya memberikan pemahaman kepada anak-anak sejak dini bahwa karakter bullying itu tidak hanya muncul ketika anak-anak kita sudah memasuki usia sekolah yang lebih tinggi tetapi karakter bullying bisa jadi tanpa kita sadari sudah mengakar sejak  usia dini, di sini adalah peran kita sebagai orang tua, pendidik, bahkan teman bagi anak untuk membentuk karakter anak.

Harapan Bunda PAUD Kota Bima  banyak nilai positif yang dapat dipetik dari kegiatan ini. Pada kesempatan ini juga, Bunda PAUD juga mengucapkan “Selamat Hari Anak Nasional” bagi anak-anak hebat kita yang akan berlaga dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila jenjang paud tahun 2024. Selamat berlomba, menang bukanlah tujuan akhir, kalah juga bukanlah musibah, yang kita prioritaskan adalah bagaimana kita mampu mengasah keterampilan dan keberanian anak-anak kita.

Juara-juara Lomba :

(-) Lomba Drama P5 :

  1. TK Negeri Pembina 01 Raba
  2. TK Negeri 08 Penatoi
  3. TK Bundaku
  4. TK Kemala Bhayangkari
  5. TK Yaa Bunaya
  6. TK m. Hilir Ismail
  7. TK Negeri 29 Kumbe
  8. TK IT Delima

(-) Juara Lomba Melukis di Atas Tampi :

  1. TK Negeri 8 Penatoi
  2. TK Kemala Bhayangkari
  3. TK Negeri 25 Rabangodu Utara
  4. TK m. Hilir Ismail
  5. TK Yaa Bunaya
  6. TK Negeri 30 Rabadompu Timur
  7. TK Negeri Pembina 01 Raba
  8. TK Bundaku

(yoel)