LOKAKARYA KURIKULUM "KEPEMIMPINAN SEKOLAH"

Dikpora Kota Bima - Balai Guru Penggerak (BGP) NTB bersama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Bima menggelar kegiatan Lokakarya Kurikulum bagi Sekolah Penggerak angkatan 2 Tahun ke-2 di Aula SDN 24 Rabangodu Utara Kota Bima, Sabtu (22/06). 

Kegiatan yang bertemakan "Kepemimpinan Sekolah 2" ini dibuka oleh Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Dikpora Kota Bima Munawar, M. Pd.

Dalam sambutannya Kabid Pora menyampaikan bahwa pola kepemimpinan senantiasa mengadopsi filosofi Nggusu Waru yang mengangkat Kepemimpinan Masyarakat Bima yang bersumber dari nilai-nilai ajaran Islam. 

"Filosofi Nggusu Waru mengangkat delapan dimensi yang berisi nilai moral, budaya, dan agama. Nggusu Waru sendiri merupakan sifat yang harus dimiliki dan diterapkan oleh raja/sultan ketika memimpin sebagai tolak ukurnya adalah penetapan sifat atau karakter dari seorang pemimpin. Filosofi ini bisa diterapkan di sekolah, sebagai media pembelajaran pembentukan karakter kepala sekolah maupun guru sebagai pemimpin pembelajaran." paparnya. 

Sedangkan perwakilan BGP NTB, Mahayuddin, M.Pd dalam laporannya mengatakan ada beberapa point yang menjadi tujuan lokakarya Kurikulum ini diantaranya (1) menanamkan peserta untuk memahami model kompetensi kepemimpinan sekolah dari kategori manajemen sekolah, kompetensi memimpin, dan mengelola program sekolah; (2) peserta memahami indikator-indikator kompetensi terkait dengan program sekolah yang benar; (3) peserta mengikuti jenjang kompetensi (4) peserta mampu memimpin dan mengelola program sekolah; (5) pengawas sekolah sebagai pendamping kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka; (6) kepala sekolah diharapkan mampu mengambil kebijakan-kebijakan yang lebih baik dalam peningkatan mutu sekolah; dan (7) guru sebagai pendukung kepemimpinan sekolah akan mengambil peran mendukung kepala sekolah dalam proses pembelajaran. 

Kegiatan lokakarya sendiri dihadiri oleh 38 peserta dari unsur pengawas sekolah, Kepala Sekolah dan para guru komite pembelajaran dari Sekolah Penggerak Angkatan 2, dengan narasumber para fasilitator Sekolah Penggerak.

Berikut daftar Sekolah Penggerak Angkatan 2 Kota Bima : Jenjang PAUD (Taman Kanak-kanak) : (1) TK Yaa Bunayya; (2) TK Kusuma Bangsa; (3) TK Asma'ul Husna Tanjung. Jenjang SD adalah (1) SDN 22 Jatibaru; (2) SDN 46 Jatibaru; (3) SDN 33 Lampe. Jenjang SMP adalah SMPN 4 Kota Bima dan SMPN 14 Kota Bima. Dan Jenjang SMA adalah SMAN 5 Kota Bima. (yoel)