Pertandingan Volly Ball Tarkam Kemenpora Se Kota Bima Berlangsung Meriah......!!!

KOTA BIMA. JUMAT, 10 MEI 2024

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Bima melalui Bidang Pemuda dan Olahraga Menggelar Pertandingan Volly Ball Tarkam Kemenpora Se Kota Bima Tahun 2024. kegiatan ini berlangsung cukup meriah pada Kamis (9/5/2024) pukul 15.30 Wita. yang dilaksanakan di eks Kantor Bupati Bima Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda Kota Bima.

Sekretaris Dinas Dikpora Kota Bima Taufikrahman, S. Pd, M. AP. Bersama Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dikpora Kota Bima, Munawar, M. Pd. hadir beserta seluruh jajarannya guna ikut memeriahkan ajang volly Ball Tarkam Kemenpora Tahun 2024.

Selain itu hadir sejumlah Kepala Sekolah SD dan SMP/MTs se Kota Bima, serta dimeriahkan oleh guru pendamping peserta didik yang mengikuti lomba. Ada juga, orang tua murid dan masyarakat sekitar. Kegiatan dilaksanakan di eks Kantor Bupati Bima Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda Kota Biman cukup mencuri perhatian karena memang lokasinya dekat jalan raya Kota Bima.

Dalam laporanya Munawar menyampaikan, sedianya Pembukaan dilaksanakan serentak pada Rabu, (15/5/2024) mendatang di halaman Kantor Walikota Bima oleh Deputy Pemberdayaan Olahraga Kemenpora RI, Kombes Pol. (Purn) Drs. Rudi Sufahriadi. Sebab Pertandingan Volly Ball merupakan bagian dari rangkaian Pertandingan antar Kampung (Tarkam) yang digagas oleh Kemenpora RI bekerja sama dengan Dikpora Kota Bima.

selanjutnya munawar menerangkan, adapun mata lomba dalam Tarkam kali ini adalah, Volly Ball, Badminton, Senam Sehat Bugar Kemenkes RI, dan atletik (Fun Run). Jadwal pertandingan Volly Ball dan Badminton sengaja dimajukan mengingat banyaknya peserta lomba yang mendaftar membludak!,  terangnya.

Menurut Kabid Pora Dikpora Kota Bima ini, kebijakan itu diambil untuk menyiasati waktu yang tidak imbang dengan jumlah peserta. “Waktunya hanya tiga hari, sedangkan pesertanya sangat banyak. Tidak mungkin cukup!"., tegasnya.  Oleh sebab itu, disiasati saja dengan memajukan jadwal, sehingga finalnya nanti tetap tanggal 17 seperti yang rencanakan oleh pusat”. Terangnya Kamis, (9/5/2024)

Sementara itu, dalam sambutannya Pak sekdin Dikpora Kota Bima, Taufikrahman, S. Pd, M. Ap, menjelaskan, pertandingan Volly Ball yang merupakan rangkaian dari Tarkam se Kota Bima tersebut adalah ajang yang perlu mendapat atensi dari berbagai pihak. Hal itu, karena Tarkam adalah kegiatan positif yang berdampak luas bagi generasi bangsa di masa sekarang dan akan datang. beliau menambahkan, “Melalui ajang ini, kita dapat mempersiapkan dan mencetak bibit-bibit muda yang handal”. Jelasnya dengan antusias.

Di samping itu, Tarkam dinilainya sebagai ajang silaturrahmi antar siswa, baik jenjang SD maupun Jenjang SMP umum yang dinaungi oleh Pemda maupun sekolah agama yang dinaungi oleh Kementrian agama. “ Silaturahmi semacam itu, baik karena bisa saling melengkapi. Silaturrahmi juga terjadi antar orang tua murid, masyarakat sekitar, dan para pendidik. Jadi, rasa kekeluargaan tetap terjaga meski jadi lawan dalam pertandingan.” Imbuhnya!.

Masih menurut Sekdin, Tarkam dapat menghindari perilaku negatif siswa, sebab adanya aktifitas serupa bisa mengalihkannya dari pergaulan yang negatif ke ajang sportifitas. Ditambahkannya, olahraga tentu saja dapat meningkatkan kebugaran fisik siswa. “ Olahraga,selain untuk prestasi juga untuk kebugaran”. Pungkasnya.

Di tengah keramaian pertandingan, Sekdin larut dalam keseruan dan tawa para penonton bila sesekali ada adegan yang spontan dan unik dari peserta lomba yang masih belia.

Ditemui terpisah, warga Kelurahan Penatoi, Asnar Karlita , S. Pd saat menyaksikan lomba Volly Ball perdana, antara SMPN 13 Kota Bima melawan MTsN 1 Kota Bima, mengaku senang dengan adanya Tarkam Kemenpora Tahun 2024 ini. Menurutnya, dengan Tarkam dapat menjaring bakat yang terpendam. “ Seru juga, ternyata banyak anak berbakat terlihat setelah adanya pertandingan”. Ujarnya.


Asnar sendiri adalah ketua K3S Kecamatan Rasanae Barat dan bersama penonton lainnya berharap agar pertandingan seperti ini bisa dilaksankan sesering mungkin. “ Bila Perlu diadakan tiap tahun”. Harapnya!

Pertandingan antara tim SMPN 13 Kota Bima melawan MTsN 1 Kota Bima berlangsung seru, di mana pertandingan akhirnya dimenangkan oleh Tim MTsN 1 Kota Bima dengan Rubber Game atau dengan skor game 2:1. Game pertama dimenangkan oleh Tim SMPN 13 Kota Bima dengan selisih angka 25:17. Sedangkan game kedua dan ketiga dimenangkan oleh tim MTsN 1 Kota Bima dengan masing-masing Skor angka 25:13 dan 15:4.

Sementara itu, di pertandingan kedua yang menghadirkan tim Putri SMPN 8 Kota Bima melawan Tim Putri SMPN 7 Kota Bima terjadi menang WO (walk out) untuk tim putri SMPN 8 Kota Bima karena Tim Putri SMPN 7 Kota Bima tidak hadir tanpa Konfirmasi ke panitia pelaksana.
Menurut Wasit pertandingan, Al Furqan, S. Pd, WO diterapkan karena salah satu tim tidak hadir tanpa konfirmasi dalam waktu yang sudah ditentukan. “ Itu sudah menjadi hasil teknikal miting (teknical meeting:red)”. Tegasnya!.

(JR2024 - Team Web).