WORKSHOP TRANSISI PAUD KE SD TAHUN 2024

Dikpora Kota Bima - Dalam rangka persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Juli mendatang, Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Dikpora Kota Bima melalui seksi Kurikulum dan Peserta Didik menggelar Workshop Transisi PAUD ke SD di aula TK Negeri Pembina 01 Raba pada Selasa, 07 Mei 2024 lalu. 

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh satuan pendidikan jenjang Taman Kanak-kanak di Kota Bima ini berlangsung meriah dan akrab, mengingat para pengelola satpen melakukan diskusi-diskusi terkait persiapan program-progam menarik di satpen masing-masing dalam rangka menjaring peserta didik di wilayahnya. 

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan secara resmi Kadis Dikpora Kota Bima bapak Drs. Supratman, M. Ap menekankan kepada satuan pendidikan bahwa ada tiga hal pokok yang harus diperhatikan ketika melakukan penerimaan peserta didik baru yakni adanya miskonsepsi pembelajaran pada PAUD ke SD yang berfokus pada calistung,,  transisi PAUD ke SD harus berjalan mulus agar proses belajar dan mengajar di PAUD dan SD kelas awal selaras dan berkesinambungan, Fondasi harus dibangun secara holistik karena setiap anak memiliki hak untuk dibina, agar bisa mendapatkan kemampuan fondasi yang holistik, bukan hanya kemampuan kognitif melainkan juga kematangan emosi, kemandirian dan kemampuan berinteraksi anak karena Implementasi dari Kurikulum Merdeka Belajar adalah karakter profil pelajar pancasila, Kadis juga menambahkan bahwa kemampuan literasi dan numerasi dibangun secara bertahap dan dengan cara yang menyenangkan, dan sekolah harus melakukan observasi awal untuk memetakan bahwa anak ketika siap sekolah bukanlah upaya pelabelan antara anak yang sudah siap atau belum siap sekolah, melainkan siap adalah sebuah proses yang harus dihadapi oleh satuan pendidikan terutama juga para orang tua. 

Sejalan dengan arahan Kadis, para narasumber yang berasal dari sekolah penggerak pun, juga menekankan kepada implementasi praktik baik yang dilakukan di satuan Pendidikan. (yoel)