BIMTEK DAN PENDAMPINGAN IKM BAGI GURU PAUD

Dikpora Kota Bima - Dinas Dikpora Kota Bima melalui Bidang PAUD dan PNF melakukan Bimbingan Teknis dan Pendampingan terkait Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar bagi Guru PAUD. 

Pendampingan dilakukan dalam rangka mengevaluasi Satuan PAUD yang belum melakukan Implementasi Kurikulum Merdeka. 

Kadis Dikpora Kota Bima Bapak Drs. Supratman, M. Ap dalam sambutannya menekankan bahwa Merdeka Belajar adalah rohnya dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) karena inti dari IKM adalah :

(1) Penguatan sumber daya Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas dalam rangka peningkatan kompetensi agar program merdeka belajar sukses. 

Guru maupun Kepala Sekolah atau Pengawas harus dibekali pemahamannya terkait IKM. Saat sekarang paradigma pembelajaran sudah berubah. Guru harus melakukan refleksi terkait pembelajaran. Peningkatan mutu pendidik melalui Komunitas Belajar dan penguatan IKM. 

(2) Pembelajaran paradigma baru diantaranya pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran berpusat pada murid. Pembelajaran Paradigma Baru atau Kurikulum Merdeka merupakan pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter yang sesuai dengan Dimensi Profil Pelajar Pancasila. guru paham potensi peserta didik masing-masing sesuai tahap perkembangan anak. 

(3) Mampu menciptakan inovasi pembelajaran di kelas yang merdeka dan bahagia di kelas. 

(4) Sumber belajar yang paling banyak adalah ada di Platform Merdeka Mengajar. 

Kadis pun memberikan tugas kepada satuan PAUD untuk tidak bosan-bosan melakukan validasi data tiap bulannya yakni data Peserta Didik, data Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan data Sarana Prasarana kemudian dilaporkan ke Bidang terkait yakni Bidang Pembinaan PAUD dan PNF. 

Narasumber kegiatan berasal dari Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak. (yoel)