Dikpora Kota Bima Menghadiri Sosialisasi Pengarusutaman Naskah Nusantara sebagai ingatan Kolektif Nasional (IKON)

KOTA BIMA. JUM'AT, 26 APRIL 2024

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahaga Kota Bima di wakili Kabid Dikdas Muhammad Humaidin,M.Pd mengikuti Sosialisasi Pengarusutaman Naskah Nusantara sebagai ingatan Kolektif Nasional (IKON) di Hotel Marina Inn Kota Bima.

Pemerintah dalam melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengarusutaman Naskah Nusantara sebagai ingatan Kolektif Nasional (IKON) berpedoman pada Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023 tentang Program Registrasi Naskah Kuno sebagai Ingatan Kolektif Nasional Perpustakaan Nasional 

Kegiatan ini di laksanakan 2 (dua) hari mulai tanggal 26 s.d 27 April 2024. dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima, Kepala Dinas kominfotik Kota Bima, Badan Kesbangpol Kota Bima, Kepala Bappeda Kota Bima, Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bima dan Kadis lain yang ada di Kota Bima. Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, serta Universitas yang ada di Kota maupun Kabupaten Bima tidak ketinggalan dari satuan pendidikan juga di undang dalam kegiatan ini.

Kegiatan di buka oleh Asisten 3 mewakili PJ. Wali Kota Bima Bapak Drs. M.Saleh. dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan, beliau beramanat kita harus bangga memiliki beragam budaya dan kita wajib melestarikan arsip sejarah budaya kita mengangkat tema arsip sejarah daerah.

Dalam laporannya Pak Kabid Dikdas menyampaikan Narasumber kegiatan berasal dari Dewan Pakar IKON Bapak Prof. Dr. Ing Wardiman Djojonegoro dan Bapak Dr. Ahmad Masykuri, M.M dengan topik Perspektif dan Mekanisme Registrasi  IKON dan narasumber berasal dari Kepala Musium Kebudayaan Samparaja Bima/Dosen Universitas Nggusuwaru Ibu Dr. Dewi Ratna Muchlisa Mandyara, SE.,M.Hum dengan topik Potensi Naskah Bo. Abdul Kadim dengan moderator Ram Marcellino, S.Hut.

Dalam sesi berikutnya  Narasumber dari Dikpora Kota Bima Bapak Munawar, M.Pd dengan topik Potensi Naskah Bo. Sangaji Kai di lanjutkan dengan pembicara berikutnya Fahrurizki, S.Sos dari Komunitas Mbojoklopedia dengan topik Potensi Naskah Bo. Sangaji Kai dengan moderator Bukhari HMA.

Pak Madi menambahkan Tujuan dari kegiatan ini adalah Kegiatan ini di lakukan sebagai salah satu upaya membangkitkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Naskah Nusantara atau manuskrip kuno yang masih banyak tersebar di Nusantara.  

Selain itu, naskah yang diregistrasi sebagai IKON akan lebih mudah dikenali oleh masyarakat dan menjadi kebanggaan pemilik budayanya. Kegiatan ini akan beakhir besok Sabtu, 27 April 2024. (team web)