KADIS PIMPIN RAPAT EVALUASI RUTIN KINERJA DINAS DIKPORA KOTA BIMA TAHUN 2024

KOTA BIMA. KAMIS, 18 APRIL 2024

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Bima Drs. H. Supratman, M.AP Memimpin Rapat Evaluasi Rutin Kinerja Dinas Dikpora Kota Bima yang di gelar di Ruang Rapat Dinas Dikpora Kota Bima pada Kamis, 18 April 2024 pagi tadi mulai jam 08.30 wita sampai selesai. Hadir dalam rapat Sekretaris Dikpora Kota Bima, Kabid, Kasi dan Kasubag serta pejabat fungsional tiap-tiap bidang beserta team teknis.

Dalam sambutannya Pak Kadis memaparkan beberapa hal terkait evaluasi kinerja Dinas Dikpora sampai dengan Bulan April 2024 ini, beliau menegaskan kepada peserta rapat pentingnya Validasi data tiap bulan, Laporan kegiatan dari suatu bidang, kasi dan jafung, dimana beliau mengingatkan Adanya kesulitan akhir tahun dalam menyelesaikan beberapa laporan kegiatan yang merujuk pada DPA Dinas Dikpora Kota Bima. Pak Kadis memberika penekanan pada tahap penginputan data pada tiap-tiap bulannya agar di cicil pekerjaannya secara tertib dan terarah sesuai dengan instruksi yang di berikan pimpinan tiap-tiap bidang agar tidak terjadi kewalahan penginputan pada saat diminta dan dibutuhkan oleh pimpinan sebagai evaluasi dasar tegasnya.

Pak Kadis menghimbau untuk mempermudah suatu kegiatan pengumpulan data baiknya di rekap secara manual dulu agar memudahkan saat inputan lewat aplikasi atau sistem yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah tuturnya, dalam penjelasan lanjutanya aji kadis mengharapkan adanya Peningkatan Kinerja bagi tiap-tiap ASN lingkup Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Bima, dimana Dikpora adalah ujung tombak yang mengayomi satuan pendidikan jadi harus bisa memberikan contoh teladan dalam beberapa hal baik inovasi, kinerja, disiplin dan netralitas ASN.

Di Sisa Masa Kerjanya yang sebentar lagi pensiun Aji Kadis mengharapkan agar semua ASN bimbinganya di Dinas Dikpora bisa melanjutkan keinginan untuk memajukan dunia pendidikan di Kota Bima dengan catatan ASN harus mampu berkolaborasi dengan berpedoman pada aturan yang ada tidak melanggar dan mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan tutupnya. Sekretaris Dinas Bapak  Taufikrahman, M.AP memintah kepada tiap-tiap bidang untuk menyampaikan rincian dari kegiatanya serta laporan kegiatan masing-masing bidang.

1. DIKDAS

Kabid Dikdas Muhammad Humaidin, M.Pd menjelaskan rincian kegiatan yang di lakukan oleh Bidang Pendidikan Dasar dan menengah. Untuk Dikdas sendiri menggunakan 8 indikator dan sudah dilaksanakan dengan baik. Klinis raport pendidikan tahun 2024 serta total kegiatan yang di selenggarakan oleh Bidang Dikdas Tahun 2024. PTK realisasinya sebanyak 10 %, kurikulum 5 % dan untuk Sarana dan prasarana realisasinya sebanyak 33 %. dan tiap-tiap kasi pun merincikan laporan dari tiap-tiap kegiatannya

2. PNFI

Kabid Paud dan PNF Zainudin, S.Pd menekankan pada kondisi satuan pendidikan dimana naungan dari Bidang PAUD dan PNF sendiri adalah TK, PAUD dan PKBM Se Kota Bima ke depannya akan dilakukan penelusuran lapangan yang lebih intens lagi terkait keberadaan sekolah  KBM dan guru dan Siswanya, serta realisasi anggaran yang sudah di cairkan maupun yang belum di cairkan. dan tiap-tiap kasi pun merincikan laporan dari tiap-tiap kegiatannya

3. PORA

Kabid Pemuda dan Olahraga Munawar, M.Pd menyampaikan terkair monitoring dan evaluasi anggaran triwulan 1 tahun 2024. pak munawar menyampaikan terkait anggaran pemuda dan olahraga yang sudah cair dan belum cair, dan tiap-tiap kasi pun merincikan laporan dari tiap-tiap kegiatannya

Dalam rapat tersebut Ibu Nuraini, S.Sos sebagai Kepala bagian umum dan Penatausahaan Keuangan Dikpora Kota Bima menghimbau kepada kabid Dan kasi agar segera membuat laporan di setiap kegiatannya tepat waktu, begitupun dalam pengumpulan SPJ kegiatan, harapanya setiap kegiatan langsung segera di selesaikan spjnya karena di minta oleh bagian keuangan pemkot untuk dilakukan evaluasi penggunaan anggaran sesuai dengan juknis yg telat di tetapkan ujarnya.

Pejabat fungsional perencana Sri Astuti Handayani, SE.MM meminta perhatian kepada peserta rapat agar setiap pengusulan Dari tiap tiap sub bagian kegiatan agar bagian perencana di libatkan supaya kebutuhan tiap-tiap bidang bisa di evaluasi kembali saat terjadinya pergeseran anggaran untuk Dinas dikpora Kota Bima harapnya.

Rapat pun berkahir dengan pengumpulan evaluasi kinerjà tiap-tiap bidang dan tiap-tiap Kegiatan, rapat berjalan lancar dengan di akhiri dengan Doa bersama semoga kinerja ASN Dikpora Kota Bima ke depan lebih di tingkatkan lagi. Aamiin (Team web)