KABID DIKDAS MENUTUP KLINIS DAPODIK SARPRAS JENJANG SD DAN SMP TAHUN 2024. 'Hari Terakhir Klinis Dapodik Sarpras Jenjang SMP Se Kota Bima'.

KOTA BIMA. RABU, 20 MARET 2024

Kepala Bidang Dikdas Dikpora Kota Bima Bapak Muhammad Humaidin, M.Pd menutup secara resmi pelaksanaan Klinis Dapodik Sarpras Bidang Dikdas Jenjang SD dan SMP Negeri dan Swasta Se Kota Bima Tahun Anggaran 2024 pada Rabu, 20 Maret 2024 yang berlangsung selama 6 hari  terhitung mulai tanggal 15 Maret sampai dengan 20 Maret 2024, Pelaksanaan berlangsung di Ruang Rapat Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Bima.

Dalam sambutannya Kabid Dikdas yang waktu itu di dampingi Kasi Sarpras Dikdas Bapak Saiful Akbra, ST.MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panitia pelaksana yang sudah setia mendampingi peserta klinis sampai dengan selesai acara selama seminggu berturut-turut dan tidak ketinggalan pada waktu liburpun karena klinis kegiatan keberlanjutan pas hari liburpun mereka tetap bekerja. support luar biasa untuk rekan-rekan sarpras ucapnya.  

Pak madi menambahkan apa yang jadi pembahasan selama proses klinis berlangsung bahwa Perencanaan berbasis data menjadi salah satu intervensi yang diberikan kepada satuan pendidikan. Perencanaan berbasis data dapat diwujudkan melalui program manajemen berbasis sekolah dimana sekolah membuat perencanaan berdasarkan refleksi sekolah. Bahan refleksi diri sekolah berasal dari laporan sekolah yang potret kondisi mutu pendidikan. Setelah melakukan refleksi diri, sekolah membuat perencanaan program perbaikan yang akan dikaji lebih lanjut pada sesi pendampingan oleh UPT dan atau pelatih ahli. Beliau menambahkan Kita harus bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional satuan pendidikan (BOSP) di satuan pendidikan dasar dan menengah. Dapodik merupakan Sumber Data Utama dari berbagai Program Perencanaan Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan insan yang cerdas dan kompetitif. Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah Sistem Pendataan (Database) berskala Nasional yang terintegrasi dengan data kependidikan lainnya ucapnya pada Team Web.

Kasi Sarpras Dikdas yang biasa di Sapa Bang Ipul menjelaskan Kegiatan Klinis berlangsung lancar dan tertib sampai pelaksanaan pada hari ini yaitu Klinis Dapodik Sarpras Jenjang SMP Negeri/Swasta Se Kota Bima yang di gelar hanya 1 hari berbeda dengan Klinis jenjang SD yang dimana jumlah sekolahnya banyak beda dengan SMP jadi di bagi dalan wilayah Perkecamatan ucapnya dalam pelaksaan per harinya selama 5 hari ucapnya pada team web Dikpora Kota Bima.