Kabid Dikdas Membuka Kegiatan MGMP Matematika SMP Kota Bima

KOTA BIMA. RABU, 28 FEBRUARI 2024

Kepala Bidang Dikdas Dinas Dikpora Kota Bima Muhammad Humaidin, M.Pd., membuka secara resmi Kegiatan Musyawarah Guru Mata pelajaran Matematika SMP Kota Bima, kegiatan ini merupakan kegiatan Rutin, kegiatan di gelar pada Selasa 27 Februari 2024, yang di laksanakan di SMPN 1 Kota Bima dan di Hadiri oleh seluruh Guru Matematika SMP Kota Bima, adapun agenda Rutin kegiatan Kali in adalah penyusunan Capaian pembelajaran dan peningkatann inovasi dan kreatifitas para guru mata pelajaram Matematika SMP Se Kota Bima.

Dalam sambutannya Pak Kabid menyampaikan beberapa hal diantaranya Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran. Bagi peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan CP pendidikan khusus. Peserta didik berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual menggunakan CP reguler dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum.”

Pembelajaran ibarat sebuah perjalanan, bukan sebuah perlombaan balap. Hal yang terpenting dalam sebuah perjalanan adalah tujuannya. Tanpa tujuan, kita pastilah hanya buang-buang waktu dan biaya saja. Jika sebuah tujuan jelas dan penting bagi hidup kita, pastilah kita akan mencari dan menggunakan berbagai cara untuk mencapainya, seberapapun lamanya atau seberapapun menantangnya.

beliau menambahkan Capaian Pembelajaran (CP) merupakan tujuan akhir di setiap fase pembelajaran siswa. Capaian pembelajaran (CP) adalah kompetensi minimum yang harus dicapai peserta didik untuk setiap mata pelajaran. CP dirancang dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi.

Tujuan Pendidikan Indonesia adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai  tujuan tersebut, Pemerintah menetapkan Kerangka Dasar Kurikulum yang terdiri dari Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran, dan Prinsip Pembelajaran dan Asesmen.

Tujuan Akhir Kegiatan ini adalah bagaimana para Guru Matematika dapat Menyusun perangkat Pembelajaran sendiri dengan di laksanakan kegiatan program rutin ini.