KEPALA DINAS DIKPORA KOTA BIMA MEMBUKA KEGIATAN E-KIN PMM DAN AKSI NYATA

KOTA BIMA. RABU, 07 FEBRUARI 2024

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Bima Drs. H. Supratman, M.AP membuka Kegiatan E-Kin PMM dan Aksi Nyata di SMPN 11 Kota Bima pada Rabu, 07/02/2024.

Kabid Dikdas Muhammad Humaidin, M.Pd dan Kasi PTK Saprijal, SE ikut mendampingi Kepala Dinas dalam kegiatan e-kinerja di Platform Merdeka Mengajar. Dalam sambutannya Pak Kadis menyampaikan bahwa e-Kinerja di PMM (Platform Merdeka Mengajar) sudah terhubung dengan BKN (Badan Kepegawaian Negara) mulai Januari 2024, sedangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dirilis sejak 2022. beliau menambahkan Manfaatnya adalah untuk memudahkan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Kurikulum Merdeka. Guru maupun kepala sekolah dapat mengakses laman resmi guru.kemdikbud.go.id ucapnya agar guru dan kepala sekolah bisa mudah menggunakan platform tersebut. Cara Login dan Mengisi e-Kinerja PMM Sebelum mengisi e-Kinerja di PMM, guru sebaiknya melakukan login terlebih dahulu nanti langkah-langkahnya akan di sampaikan oleh narasumber tegasnya mohon untuk fokus mendengarkan harapnya mengakhiri sambutannya. 

Hal senada di sampaikan oleh Kabid Dikdas mengenai Tata cara login PMM bisa menggunakan beberapa tahapan ada beberapa tampilan utama ucapnya. pak madi mengingatkan untuk loginnya menggunakan akun belajar.id. Nantinya Anda dapat melihat tampilan utama akun PMM yang berisi berbagai macam menu. Setelah berhasil login, cara untuk mengisi e-Kinerja PMM dapat dilakukan melalui urutan yang sudah di sampikan dan di paparkan di layar monitor ucapnya dan untuk Pengguna perangkat Android dianjurkan untuk membuka aplikasi melalui laptop/desktop. Dengan adanya EKIN ini di harapkan semua ASN lingkup Kota Bima bisa lebih teratur dalam menginventarisir file/data yang di butuhkan dengan cepat dan akurat ucap pak kabid.

Pak Saprijal menambahkan Pengelolaan kinerja ini dijalankan oleh guru ASN yang bekerja di bawah naungan Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemkot Bima ucapnya  untuk Platform sendiri sudah terintegrasi dengan e-Kinerja BKN. PMM disiapkan untuk guru dan kepala sekolah agar bisa mengelola kinerja secara lebih spesifik serta kontekstual.

Pengelolaan data dapat memberikan sejumlah kemudahan. Mulai pemilihan praktik pembelajaran yang relevan hingga pengembangan kompetensi hasil observasi. Kemudahan itu nantinya bisa meningkatkan kinerja guru maupun kepala sekolah harapnya.