LOKAKARYA 6 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK (PPGP) CGP ANGKATAN 8
Kota Bima, 12 November 2023
Lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak Calon Guru Penggerak (PPGP CGP) Angkatan 8 Kota Bima kembali dilaksanakan di Aula SMPN 1 Kota Bima.
Hadir di kegiatan perwakilan Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi NTB, Kadis Dikpora Kota Bima dan jajarannya.
Kegiatan Lokakarya 6 PPGP CGP Angkatan 8 ini diselenggarakan oleh BGP Prov NTB sebagai bagian dari Implementasi Program Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Dalam laporannya perwakilan BGP Prov NTB Ibu Ellyana Widiastuti, SE menyampaikan bahwa tema Loka 6 kali ini adalah Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah yang bertujuan bahwa : (1) CGP menghasilkan rencana kerja 1 tahun untuk pengembangan sekolah; (2) CGP diharapkan dapt mengidentifikasi kekuatan dirinya untuk mendukung program sekolah; dan (3) CGP dapat menyusun rencana penguatan kompetensi diri untuk mendukung program sekolah. Harapannya CGP yang akan menjadi Guru Penggerak kedepannya dapat menjadi motivator bagi rekan-rekan guru yang lain.
Sedangkan Kadis Dikpora Kota Bima yang membuka kegiatan loka 6 dalam arahannya menyampaikan bahwa jumlah Calon Guru Penggerak Angkatan 6 adalah jumlah yang paling sedikit tapi akan menghasilkan kualitas yg maksimal. Rangkaian kegiatan loka dimulai dari Loka 1 sampai dengan loka 6 telah dilaksanakan dan diikuti oleh CGP Angkatan 8 Kota Bima, kegiatan loka ini tidak terasa sudah memasuki bulan ke-6 itu artinya menuju loka terakhir yang nantinya akan diikuti Loka Panen Karya dari seluruh CGP Angkatan 8 menuju legalitas menjadi Guru Penggerak, pada Panen Karya nanti diharapkan seluruh Calon Guru Penggerak Angkatan 8 berhasil lulus dan menampilkan karya-karya terbaik.
Selama PPGP CGP sudah menanamkan nilai dan ciri Guru Penggerak, yakni :
1. Kemandirian (pengembangan diri, kepercayaan diri untuk selalu menciptakan perubahan) dan ini tidak dimiliki guru Non Guru Penggerak. Pd saatnya GP akan melakukan refleksi dan pengimbasan di komunitas msg2). Guru jgn sll berada di posisi nyaman tp selalu membuat perubahan
2. Nilai Refleksi
Selama proses pembelajaran tentu CGP sudah banyak mendapatkan pemahaman terhadap refleksi yang identik dengan proses evaluasi diri, mengingatkan kembali terhadap kebijakan dan program yang dilaksanakan dan proses ini direfleksikan dengan teman-teman sejawat di lingkungan satuan Pendidikan.
3. Kolaboratif
Saling membagi nilai-nilai baik sehingga proses pembelajaran maksimal sesuai yang direncanakan. Kolaborasi dengan teman-teman guru, kepala sekolah dan pengawas
4. Keberpihakan pada murid
Masukan dari murid perlu dipertimbangkan untuk dimasukan dalam proses pembelajaran. Murid diberikan ruang untuk mengekspresikan pembelajaran yang diterima, inilah yang dinamakan pembelajaran yang berdiferensiasi dan sejalan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. (7)